30 November 2014

10 KA Ekstra disiapkan menyambut Natal dan Tahun Baru

KA tambahan natal tahun baru PT Kereta Api Indonesai (KAI) menambah 10 rangkain kereta api Ekstra dalam rangka mempersiapkan Natal dan Tahun baru 2015. Kereta api ini dipersiapkan terutama untuk melayani tujuan di Jawa seperti Kutoarjo, Jogja, dan Solo untuk jalur selatan. Sedangkan tujua jalur utara seperti Cirebon, Tegal, dan Semarang

Sejumlah kereta api tambahan tersebut antara lain: Argo Lawu, Lodaya Pagi dan Lodaya Malam, Kutoajaya Utara, Kamdandaka II, Madiun Jaya, Jaka Tingkir, Cireks fakulatif, Cireks Eks Senja Utama Solo, dan KA Argo Jati.

Menurut direktur PT KAI, Bambang Eko Marotono menyatakan bahwa dengan ditambahnya 10 rangkain kereta ini berarti akan menambah 11.632 tempat duduk perhari. Selain itu, kereta tambahan akan beroperasi dari tanggal 20 Desember 2014 hingga 5 Januari 2015, jadi KA rangkain tambahan beroperasi selama 17 hari. dan diperkirakan jumlah penumpang yang dapat terangkut mencapai 3.859.788 orang.

Selain rangkaian KA tambahan, phak KAI juga mempersipkan sebanyak 411 unit lokomotif yang terdiri dari lokomotif dinas sebanyak 371 unit dan 40 unit merupakan lokomotif cadangan. Persiapan lain yang disiapkan PT KAI adalah persiapan alat dan material untuk kesiagaan di titik rawan longsor dan banjir dan pengawalan dari TNI dan polri sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Untuk tarif KA tetap mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No.5/2014 bahwa tarif yang beralaku untuk kereta Bisnis dan Eksekutif sesuai tarif batas atas da batas bawah. Sedangkan terif KA ekonomi tidak mengalami perubahan.

Secara teknis Bambang menambahkan akan memaksimalkan KA reguler, dan menajalankan KA tambahan sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas angkut 100 perse tempat duduk.


Related articles

Tidak ada komentar:

Posting Komentar